Beri Penghargaan Ombudsman, Hasan Slamet : Ini Bukti Pemkot Ambon Serius Tingkatkan Kinerja Yanlik

by -53 Views

Ambon,MollucasTimes.com-Walaupun berada dalam masa pandemi, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon tetap berupaya melakukan survey kepatuhan bersama Ombudsman Perwakilan Maluku terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka memastikan pemenuhan standart pelayanan publik bagi Kota Ambon. 

Hal ini diungkapkan Kepala Perwakilan Ombudsman Maluku, Hasan Slamet di sela pemberian penghargaan kepada Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, SH, Senin 21/12/2020.

“Pencapaian yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Ambon sangat luar biasa dari tahun 2018 memperoleh nilai tertinggi untuk tingkat nasional. Hal ini memberikan bukti bahwa Pemerintah Kota Ambon peduli serta serius meningkatkan kinerja pelayanan publik (Yanlik) khususnya bagi OPD yang masuk zonasi hijau,” papar Slamet.

Diakuinya, Ombudsman RI telah mendapat laporan terkait zona hijau tersebut. “Dan kami berharap Pemerintah Kota Ambon dapat mempertahankan pemenuhuan standart pelayanan publik” harapnya.

Sementara itu, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, SH mengucapkan terimakasih kepada Ombudsman yang telah memberikan penghargaan atas penilaian yang dilakukan.

“Ini merupakan hasil kerja seluruh OPD yang saling terkoordinasi dengan baik. Karenanya, prestasi tersebut harus dipertahankan melalui optimalisasi kinerja kedepan, walaupun kita semua diperhadapkan dengan pandemi Covid-19,” ungkap ayah lima anak ini.

Diakuinya walaupun tahun 2020 tidak ada penilaian tingkat nasional, namun harus tetap meningkatkan kinerja.

“Semoga tahun 2010 kita jauh lebih baik dari 2018, walaupun memang sangat sulit mempertahankan daripada merebutnya,” timpal orang nomor satu di Kota Ambon ini.

Untuk penilaian Obudsman tersebut terdapat 3 (tiga) OPD yang meraih penghargaan  invasi diantaranya Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian, Desa Hutumuri dan Desa Hunnuth.

Sementara 15 (lima belas) OPD meraih penghargaan kategori Pelayann Publik (Yanlik) diantaranya DPMPTSP, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Perpustakan, Dinas Perikanan, BappedaLitbang, BKPSDM, Bagian Organiasasi, Bagian Kesra, Bagian TU Pimpinan, Kecamatan Sirimau, Kecamatan Teluk Ambon Baguala. 

Diketahui, hasil survey dan evaluasi Penilaian Ombudsman terbagi atas 3 tingkatan yaitu zonasi merah untuk pemenuhan standart pelayanan publik dengan penilaian yang buruk, zonasi kuning untuk penilaian yang cukup dan zonasi hijau untuk penilaian yang baik.(MT-01)