Diskominfo Cek Kesiapan OPD, Dinas Damkar Siap Implementasi Call Center 112

by -14 Views

“Sementara ini kami menyiapkan perangkat komputer yang akan tersambung dengan Command Center serta menyiapkan operator yang siaga 24 jam untuk menerima informasi lewat Call Center 112. Harapan kami, semoga apa yang menjadi tujuan bersama ini dapat terealisasikan pada waktunya,” urai Pattikawa.

Ambon,moluccastimes.id-Setelah melewati pendekatan serta sosialiasi sehubungan dengan Call Center 112 untuk Kota Ambon, menjadi tanggungjawab Dinas KominfoSandi Kota Ambon melakukan pengecekan kesiapan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkot Ambon.

“Sangat diharapkan Call Center 112 menjadi sistem tanggap darurat terpadu di Kota Ambon. Maka menuju pencanangannya pada HUT ke-450 Kota Ambon, kita perlu melakukan koordinasi dan pengecekan kesiapan OPD yang ada,” ungkap Kepala Dinas KominfoSandi Kota Ambon, Dr. Ir. Ronald H. Lekransy, M.Si kepada moluccastimes.id di ruang kerjanya, Kamis 31/07/2025.

Lekransy menyatakan pengecekan kesiapan sekaligus evaluasi respon setiap OPD.

“Kita sudah melakukan rapat koordinasi, sosialisasi terkait hal ini, tetapi yang utama adalah bagaimana kesiapan serta respon OPD saat nanti terjadi situasi kedaruratan misalnya, kebakaran, bencana alam bahkan gangguan keamanan. Karena itu, OPD yang kita kunjungi pertama adalah Dinas Pemadam Kebakaran & Penyelamatan (Damkar),” ulas pria smart itu.

Sementara itu, ditempat terpisah, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran & Penyelamatan (Damkar), Drs. Edwin Pattikawa meresponi hal tersebut.

“Dinas Damkar ini selain melakukan penyelamatan atas peristiwa kebakaran, membantu penebangan pohon, bahkan hal-hal yang tidak pernah dipikirkan orang, itu juga yang kami lakukan seperti membantu memotong cincin dari jari, membantu orang yang terkunci dalam kamar serta yang lainnya. Karena itu, memang Call Center 112 ini penting,” ungkap Pattikawa.

Pria rendah hati itu menyatakan pihaknya siap sedia dalam pengimplementasian Call Center 112.

“Sementara ini kami menyiapkan perangkat komputer yang akan tersambung dengan Command Center serta menyiapkan operator yang siaga 24 jam untuk menerima informasi lewat Call Center 112. Harapan kami, semoga apa yang tujuan bersama ini dapat terealisasikan pada waktunya,” urai Pattikawa.

Sebagai informasi, Call Center 112 merupakan layanan nomor darurat yang dapat diakses tanpa biaya, dapat dihubungi oleh masyarakat selama 24 jam. (MT-01)