Rutin Supervisi Faskes, BPJS Kesehatan Tingkatkan Mutu Pelayanan

by -80 Views

Ambon,moluccastimes.com-Guna meningkatkan mutu pelayanan yang menjadi fokus BPJS Kesehatan,  Petugas BPJS Satu rutin melakukan supervisi pada fasilitas kesehatan yang berada di wilayah kerja Kantor Cabang Ambon. 

“Supervisi pada pelayanan kesehatan atau Sibling merupakan aktivitas pemantauan atas pemenuhan kewajiban fasilitas kesehatan dalam dimensi mutu yang dilaksanakan melalui kegiatan kunjungan ke fasilitas kesehatan. Ini dilakukan oleh pegawai BPJS Kesehatan dan atau pihak lain atau pihak eksternal yang juga adalah Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dengan metode Walk Through Audit yang didesain untuk mengidentifikasi kesesuaian pemberian pelayanan di setiap area pelayanan dengan panduan kuesioner,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon, Saiyed Abdul Gaffar Assaqqaf.

Disebutkan ada 5 area fokus penilaian dalam supervisi.

“Area tersbeut yaitu area adminis, area rawat inap, area poliklinik, area farmasi dan area Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP),” sebutnya.

Supervisi yang dilakukan pada awal tahun 2024 pada rumah sakit TNI-AL dr. F. X Suharjo

“Untuk melihat langsung prosedur alur layanan pada rumah sakit tersebut. Kami mengapresiasi komitmen rumah sakit ini yang secara serius berupaya meningkatkan kualitas layanan kepada Peserta JKN, dari hasil supervisi ini, tidak ada keluhan yang berarti,” ucap Saiyed.

Saiyed menambahkan bahwa saat dengan adanya sibling ke setiap fasilitas kesehatan, BPJS Kesehatan bertujuan untuk menjalankan transformasi mutu layanan, yang mana untuk meningkatkan kualitas layanan dan memberikan kemudahan bagi Peserta JKN.

“Ketika pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit sangat baik dan tidak ada masalah maka Peserta JKN juga akan puas dan tidak mengeluh. Hal ini berdampak pada berkurangnya kesalahpahaman masyarakat terhadap Program JKN,” tandasnya.

Setiap Peserta JKN yang membutuhkan layanan informasi dan penyampaian keluhan atas layanan kesehatan yang didapatkan dapat langsung mendatangi petugas PIPP di tiap-tiap rumah sakit.

“Untuk pasien yang menghadapi kendala layanan, atau butuh informasi bisa datangi loket PIPP rumah sakit. Selain itu juga bisa langsung ajukan pengaduan di Aplikasi Mobile JKN untuk kami tindak lanjuti segera,” tegasnya.

Petugas PIPP Rumah sakit TNI-AL dr. F. X Suharjo, dr. Welia Safitri menyampaikan bahwa hal ini juga tak lepas dari koordinasi bersama BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi Peserta.

“Kami selalu siap menerima masukan-masukan dari tim BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon maupun dari Peserta JKN untuk perbaikan pelayanan maupun yang lainnya,” ujar Welia.

Salah satu pasien JKN yang diwawancarai pada saat sibling, Sri Handayani (41) menyampaikan bahwa ia mendapatkan pelayanan pelayanan yang baik di rumah sakit TNI-AL dr. F. X Suharjo.

“Dokter dan Perawat ramah dan sangat sigap jika dibutuhkan. Semua obat-obatan tersedia dan saya tidak pernah diminta iur biaya terkait obat,” ucap Sri.

Sebagai informasi, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon bekerja sama dengan 28 fasilitas kesehatan rujukan Tingkat lanjutan (FKRTL), 220 Puskesmas, enam Klinik pratama, 21 klinik TNI-Polri, 21 Tempat Praktek Mandiri Dokter (TPMD) dan 6 Tempat Praktek Mandiri Dokter Gigi (TPMDG). Sedangkan, untuk fasilitas pendukung lainnya terdapat lima Apotek, 13 Ruang Farmasi, lima Optik, dan satu laboratorium.(MT-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *