Ambon,MollucasTimes.Com-Dalam bulan Ramadhan serta menjelang Idul Fitri, Kantor Pos Ambon kini melayani pengiriman uang dan paket maupun barang dengan volume pengiriman berkisar 150% hingga 170% dibanding bulan biasa.
Hal ini dikatakan Wakil Kepala Kantor Pos Ambon, Salahudin Hi Anwar, SE Jumat 24/05/18.
“Program yang berhubungan dengan persiapan penanganan pengiriman kiriman dalam rangka Ramadhan dan Idul Fitri yang lagi meningkat saat ini adalah pengiriman uang maupun paket barang. Biasanya menjelang hari keagamaan seperti Idul Fitri maupun Natal, pelayanan pengiriman di Kantor Pos selalu meningkat. Untuk saat ini saja, presentase volume pengiriman sudah mencapai hingga 170%,” akunya.
Dikatakannya, tugas utama PT.Pos Indonesia adalah memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat khususnya di Provinsi Maluku.
“Dengan adanya berbagai program pelayanan yang dikemas dengan baik oleh Kantor Pos Ambon, kami sangat yakin kualitas pelayanan Pos Ambon tidak kalah dengan daerah lainnya di Indonesia. Selain itu, dengan peningkatan volume pengiriman saat ini, kami menghimbau agar masyarakat Kota Ambon lebih cepat mengirimkan uang maupun paket barang lewat Kantor Pos Ambon sehingga dapat tiba di tujuan sebelum Idul Fitri,” paparnya.
Dirinya memberikan contoh, awalnya PT. Pos secara umum hanya terfokus pada Core Bussines yaitu mail dan paket. Namun seiring perkembangan maka pelayanan terus bertambah.
“Dinamika pelayanan Kantor Pos Ambon sangat terbuka dan terjangkau hingga ke luar negeri. Misalnya Saat ini setiap hari kami menangani pengiriman logistik berupa ikan Tuna, Kepiting maupun Udang ke Jakarta maupun Denpasar. Bahkan kami juga sementara menjajaki pengiriman ini ke luar negeri. Pasalnya, banyak permintaan mitra untuk dikirimkan ke Singapura maupun Thailand,” rinci Salahudin.
Sementara program kerjasama dengan Dinas Pendidikan terkait dengan pengiriman surat kelulusan siswa, menurutnya tidak dilakukan tahun ini.
“Kerjasama itu akan dibicarakan kembali dengan Dinas Pendidikan. Kemungkinan untuk tahun depan kerjasama diperbaharui,” imbuhnya.
Salahudin mengatakan tidak akan gentar terhadap banyaknya kompetitor yang hadir di Kota Ambon.
“Setiap perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman atau ekpedisi memiliki rejeki masing-masing.Kami tidak gentar sebab PT.Pos merupakan badan usaha milik negara yang telah berpengalaman 270 tahun melayani masyarakat Indonesia juga di Maluku dan Kota Ambon. Ini merupakan modal bagi kami bahkan dasar utama kepercayaan masyarakat untuk menggunakan layanan yang ada di Kantor Pos seperti pembayaran rekening air, listrik, pembelian pulsa, pembayaran pajak bumi dan bangunan, pembayaran angsuran kendaraan bermotor dan lainnya. Kami berharap semua layanan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di Kota Ambon sebaik mungkin sehingga PT.Pos tetap menjadi nomor satu di hati masyarakat,” pungkasnya. (MT-01)