Ambon,MollucasTimes.com-Pemerintah Kota Ambon sangat serius dan fokus menjadikan musik sebagai pengembangan ekonomi kreatif, sehingga memberikan peluang masuk 3 (Tiga) Besar kategori Brand Pariwisata Terpopuler Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2020.
Demikian Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Rico Hayat, SE, MM kepada MollucasTimes.com, Rabu 10/02/2021.
“Ini salah satu ajang bergengsi juga dalam dunia pariwisata yang telah diselenggarakan sejak tahun 2016. Kita sangat consern menjadikan muusik sebagai pengembangan ekonomi kreatif, dan Puji Tuhan, kita masuk dalam 3 Besar API untuk kategori Brand Pariwisata. Ambon The City Of Music bersaing dengan Provinsi Riau yaitu The Homeland Of Melayu dan Provinsi Lampung dengan The Treasure of Sumatra,” akunya.
Hayat mengatakan, dengan masuknya Ambon the City Of Music ini menjadikan Kota Ambon lebih dikenal luas.
“Patut kita syukuri hasil kerja keras kita bersama, maka Kota Ambon semakin dikenal, bukan saja di kancah Nasional tetapi Internasional juga. Ini kebanggaan yang harus membuat kita semakin bekerjakeras lagi,” timpalnya.
Terimakasih, lanjutnya, kepada Pemerintah Provinsi Maluku serta seluruh stakeholder yang turut membantu serta mendukung Ambon City of Music.
“Tanpa bantuan, dorongan baik dari Pemerintah, masyarakat maupun stakeholder lainnya semua tidak akan dapat berrjalan seperti saat ini. Karena itu, apresiasi yang tinggi kami berikan atas dukungan serta dorongan yang selama ini diberikan. Sebab, kita tahu bersama bahwa Pemerintah Kota Ambon akan terus mengembangkan musik sebagai salah satu pilar ekonomi kreatif untuk kesejahteraan masyarakat,” papar Hayat.
Sementara itu, Direktur Ambon Music Office (AMO), Ir. Ronny Loppies mengatakan bahwa masuknya City Of Music dalam tiga besar Kategori brand pariwisata populer API 2020, menjadi motivasi dalam mempertahankan ekosistem bermusik di Kota Ambon.
“Keberhasilan ini menjadi barometer tingkat partisipasi ambon dalam bidang pariwisata khususnya dalam branding City Of Music yang akan kita pertanggungjawabkan ke UNESCO, karena kita tiap tahun terus di evaluasi. Ini sebuah pencapaian yang luar biasa,” jelasnya.
Untuk diketahui, API merupakan ajang Nasional bergengsi pariwisata Indonesia yang bertujuan mengangkat dan mengembangkan daerah pariwisata dari seluruh provinsi. Hingga tahun 2020, sudah ada 793 destinasi wisata yang dipopulerkan lewat ajang ini, mulai dari keindahan alam, atraksi budaya, kampung adat, kuliner tradisional, sampai jejak jalur peninggalan sejarah nusantara.
Sementara itu, penilaian dalam ajang ini dilakukan berdasarkan vote di instagram dan youtube, serta lewat sms, mulai 1 Agustus – 31 Desember 2020, dan puncak acara atau malam anugerah pesona Indonesia 2020 rencananya dilaksanakan 19 februari 2021 di Labuan Bajo, NTT.
Namun dalam pengumuman yang disampaikan panitia kepada seluruh masyarakat dan pemerintah daerah peserta, jadwal pelaksanaan tersebut ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut, karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
Selain City Of Music pada kategori Brand Pariwisata populer, ada Tarawesi Motocross dari Kabupaten Buru yang masuk tiga besar kategori Wisata Olahraga Dan Petualangan Terpopuler, serta IG @Exotic Maluku Tourism dari Provinsi Maluku, dalam kategori Promosi Pariwisata Digital Terpopuler. (MT-01)