Capaian Luar Biasa, BPJSKes 9 Kali Terima Predikat WTM

by -88 Views


Jakarta,Moluccastimes.com-Selama sembilan kali berturut-turut Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sukses mempertahankan predikat Wajar Tanpa Modifikasi (WTM) merupakan capaian yang luar biasa.

Demikian Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti dalam kegiatan Public Expose Laporan Pengelolaan Program – Laporan Keuangan (LPP-LK) BPJS Kesehatan tahun 2022, Selasa 18/07/2023.

“Sembilam kali secara berurut-turut atau tiga puluh satu kali sejak PT Askes (Persero) berdasarkan standar audit yang ditetapkan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia. Capaian ini menandakan bahwa kondisi keuangan BPJS Kesehatan, kinerja keuangan, dan arus kas sudah sesuai dengan standar akuntansi keuangan di Indonesia berdasarkan hasil audit dari Kantor Akuntan Publik,” tutur pria berkumis tipis itu.

Dikatakan capaian tersebut merupakan keberhasilan BPJS Kesehatan melalui pembayaran klaim sebesar 113,47 triliun untuk pelayanan kesehatan seluruh peserta JKN. 

“Artinya, seluruh pembayaran klaim telah membiayai peserta JKN yang sakit, melalui dana yang telah dibayarkan langsung ke fasilitas kesehatan secara tepat waktu. Tercatat, BPJS Kesehatan mampu membayar klaim lebih cepat dari ketentuan. Pada FKTP rata-rata ketepatan pembayaran adalah 12,3 hari kerja, sedangkan pada FKRTL selama 14,07 hari kalender,” tukasnya.

Diakui, capaian keberhasilan merupakan buah dari kerja keras seluruh jajaran BPJS Kesehatan dalam memenuhi kebutuhan peserta dalam mengakses layanan kesehatan yang berkualitas. 

“Keberhasilan ini didukung dengan komitmen yang diberikan oleh mitra kerja BPJS Kesehatan dalam pemenuhan akses pelayanan kesehatan yang optimal,” timpalnya.

Atas kerja kerasnya, BPJS Kesehatan mendulang penghargaan di tingkat nasional maupun internasional, diantaranya ISSA Good Practice Awards, PR Indonesia, hingga MarkPlus Wow Brand.

“Kami berharap capaian yang telah diraih dalam pengelolaan Program JKN ini dapat terus memberikan manfaat yang nyata bagi peserta. BPJS Kesehatan akan terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas layanan dan berinovasi demi kepentingan kesehatan masyarakat Indonesia,” tandasnya. (MT-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *