“Terdapat beberapa poin penting yang dinilai yaitu memastikan sumber daya manusia yang ada dan sarana maupun pra sarana yang menunjang kegiatan operasional fasilitas kesehatan, harusnya tersedia sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu, juga memastikan peralatan medis dan obat-obatan tersedia sesuai dengan kebutuhan pasien. Kemudian lingkup serta komitmen pelayanan klinik sesuai dengan standar-standar yang telah ditetapkan atau belum,” jelas Harbu.
Ambon,moluccasrimes.id-Tujuan credentialing, untuk memastikan fasilitas kesehatan kerja sama dengan BPJS Kesehatan telah melayani sesuai dengan standar dan berkualitas bagi peserta JKN.
Demikian Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon ketika menggelar Credentialing di Klinik PKU Muhammadiyah Abu Sofyan, Kamis 21/11/2024.
“Terdapat beberapa poin penting yang dinilai yaitu memastikan sumber daya manusia yang ada dan sarana maupun pra sarana yang menunjang kegiatan operasional fasilitas kesehatan, harusnya tersedia sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu, juga memastikan peralatan medis dan obat-obatan tersedia sesuai dengan kebutuhan pasien. Kemudian lingkup serta komitmen pelayanan klinik sesuai dengan standar-standar yang telah ditetapkan atau belum,” jelas Harbu.
Perwakilan Dinas Kesehatan, Deiby Kalalo menyatakan Credentialing di Klinik PKU Muhammadiyah Abu Sofyan sangat penting .
“Sesuai aturan yang berlaku semua fasilitas kesehatan yang bekerja sama wajib melampirkan beberapa kelengkapan berkas untuk melakukan credentialing ini, seperti Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Surat Izin Operasional (SIO), Surat Izin Praktik (SIP) bagi dokter dan dokter gigi, Surat Izin Praktik Apoteker (SIPA), Surat Izin Praktik (SIP) atau Surat Izin Kerja (SIK) bagi tenaga kesehatan lain dan berkas pendukung lainnya,” ujar Kalalo.
Deiby berharap komitmen dan implementasi transformasi mutu layanan yang mudah, cepat dan setara dapat dilakukan kepada semua peserta JKN.
Dalam kesempatan tersebut, Dokter Penanggung Jawab Klinik PKU Muhammadiyah Abu Sofyan, Rosida mengatakan pihaknya akan terus mengoptimalkan pelayanan kepada peserta JKN yang datang berobat ke klinik.
“Walaupun ada perbaikan dan tingkatkan lagi seperti penambahan Pojok ASI (Air Susu Ibu) dan kursi tunggu pada poli gigi, memastikan jam praktik dokter gigi serta akan mengoptimalkan pemanfaatan antrean online agar kami bisa secara maksimal memberikan pelayanan kepada setiap peserta JKN yang datang ke klinik kami,” ucapnya.
Ia juga menambahkan bahwa pihaknya juga akan membuat Memorandum Of Understanding (MOU) dengan Puskesmas Air Besar untuk pelayanan tuberkulosis, imunisasi dan program pemerintah lainnya agar dapat bekerja sama untuk melayani peserta JKN yang ada di wilayah kerja tersebut.(MT-01)