FKLL SBB Bersama Jasa Raharja Sepakati Action Plan, Rakor Perkuat Sinergitas

by -72 Views

“Pelayanan kami terhadap korban kecelakaan lalu lintas tidak terlepas dari dukungan pihak kepolisian, Dinas Perhubungan, dan RSUD Piru. Sinergi ini membuat target pelayanan dan pembayaran santunan dapat tercapai sesuai Service Level Agreement (SLA),” ujar Nurunnisa.

Piru,moluccastimes.id-Sejumlah rencana aksi (action plan) disepakati Forum Komunikasi Lalu Lintas (FKLL) Wilayah Seram Bagian Barat bersama Jasa Raharja Maluku dalam rapat koordinasi untuk memperkuat sinergi lintas instansi dalam meningkatkan keselamatan lalu lintas di wilayah tersebut, Senin 27/10/2025.

Dalam rapat tersebut, disepakati sejumlah rencana aksi (action plan) bersama, antara lain:

1. Perbaikan Lampu Jalan – FKLL SBB akan memperbaiki lampu penerangan jalan di wilayah Piru pada November–Desember 2025 guna meningkatkan keselamatan malam hari.

2. Operasi Gabungan – Akan digelar bersama kepolisian dan Bapenda mulai Oktober hingga Desember 2025 di wilayah Kairatu dan Piru.

3. Giat Gatur Pagi – Polres SBB akan menertibkan arus lalu lintas serta memberikan edukasi langsung kepada masyarakat soal keselamatan dan kelengkapan kendaraan.

4. Operasi Lilin Nataru – FKLL SBB menyiapkan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2025 untuk menjamin keselamatan di jalan.

5. Pemasangan Spanduk Himbauan – Dilakukan di titik rawan kecelakaan, seperti Tanjakan Gunung Parang Desa Waisarisa dan Pos Lantas Polres SBB.

6. Inovasi Siberlantas SBB – Satlantas Polres SBB akan meluncurkan sistem informasi lalu lintas berbasis elektronik pada awal 2026.

7. Program SIM Keliling Cerdas – Akan dimulai November 2025, menghadirkan pelayanan humanis dan edukatif bagi masyarakat. PJ Jasa Raharja Samsat Piru, Nurunnisa Samal, menyampaikan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang selama ini mendukung layanan Jasa Raharja di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

“Pelayanan kami terhadap korban kecelakaan lalu lintas tidak terlepas dari dukungan pihak kepolisian, Dinas Perhubungan, dan RSUD Piru. Sinergi ini membuat target pelayanan dan pembayaran santunan dapat tercapai sesuai Service Level Agreement (SLA),” ujar Nurunnisa.

Menurutnya, keberhasilan Jasa Raharja Maluku dalam menjaga kualitas pelayanan tidak lepas dari kolaborasi aktif seluruh pihak di daerah.

“Diharapkan agar masukan dari para stakeholder terus mengalir untuk peningkatan pelayanan publik ke depan,” harapnya.

Ditambahkan, Jasa Raharja bersama FKLL berkomitmen menjaga keselamatan seluruh pengguna jalan di Seram Bagian Barat.

“Dengan kerja sama dan kesadaran bersama, kita bisa menciptakan lingkungan lalu lintas yang aman dan nyaman,” timpalnya.

Kegiatan yang berlangsung di Piru ini dihadiri perwakilan dari Kepolisian, Dinas Perhubungan, Bapenda, RSUD Piru, serta berbagai pemangku kepentingan terkait.(MT-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *