Hassan Slamet : Pelayanan Publik, Indikator Suksesnya Pembangunan Daerah

by -89 Views
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Maluku, Hassan Slamet 

Ambon,mollucastimes.com-Dalam rangka mendukung serta mengawasi suksesnya pembangunan dalam suatu daerah, maka  pelayaan publik merupakan salah satu indikator yang berperan penting.

Demikian Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Maluku, Hassan Slamet di sela kegiatan Penguatan Peran Sahabat Ombudsman Dalam Pengawasan Pelayanan Publik, Sabtu 14/09/19.

“Salah satu indikator sukses atau tidaknya suatu negara adalah bagaimana pelayanan publiknya. Oleh karena itu tidak hentinya kita melakukan pendekatan dengan masyarakat rekan-rekan sahabat ombudsman untuk turut dalam melakukan pengawasan publik. Ketika pelayanan publik tidak bagus, maka sahabat ombudsman inilah yang turut action. Karena indikator dari kesejahteraan masyarakat adalah keberhasilan dalam mengawal pelayanan publik itu,” papar Slamet.

Dikatakan sehubungan dengan pelayanan kesehatan, Ombudsman memandang bahwa peran BPJS Kesehatan dan Rumah Sakit sangat penting melayani masyarakat.

peserta Diskusi

“Oleh karena itu, dalam kegiatan ini Ombudsman sengaja mengundang narasumber untuk dapat mempresentasikan pelayanan publik dibidang kesehatan serta berdiskusi agar dapat mencari jalan keluar terhadap permasalahan yang dihadapi khususnya di wilayah Maluku.

Sementara itu, Supervisor Frontliner BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Natasya Nussy memberikan apresiasi kepada Ombudsman RI Perwakilan Maluku atas kegiatan guna meningkatkan pemahaman sahabat Ombudsman dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Maluku.

“Kami ucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Ombudsman, kegiatan ini sangat bagus sekali. Dari antusiasme dalam dialog interaktif terlihat jelas bahwa sahabat ombudsman sangat peduli dengan kualitas pelayanan publik khususnya dalam implementasi Program JKN-KIS,” papar Nussy.

Dirinya berharap dengan paparan materi dan diskusi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan sahabat ombudsman sebagai dasar melakukan advokasi kepada masyarakat yang berhubungan dengan layanan BPJS Kesehatan secara terarah.

“Peran sahabat ombudsman disini sangat penting, segala kritik dan masukan yang membangun dari sahabat ombudsman sangat kami harapkan untuk peningkatan kualitas pelayanan kami. Dengan adanya kegiatan ini saya harap sahabat ombudsman semakin paham tentang program JKN-KIS dan alur pelayanannya, serta dapat secara bersama-sama mengurangi keluhan masyarakat serta mendukung peningkatan pelayanan publik yang ada di Maluku ini,” tandasnya.

Hadir sebagai nara sumber diantaranya Supervisor Frontliner BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Natasya Nussy serta Wakil Direktur RSUD Haulussy dr. Rodrigo Limon. (MT-01)