SIMAK, Inovasi Baru Diskominfo Sandi Kota Ambon, Mudahkan Urus Administrasi Kependudukan

by -110 Views

Ambon,moluccastimes.com-Guna mempercepat dan memudahkan proses pengurusan administrasi dari tingkat RT hingga Kelurahan, Pemerintah Kota Ambon telah menyiapkan aplikasi Sistem Menejemen Administrasi Kependudukan (SIMAK).

Demikian Plt. Kepala Dinas Informatika dan Persandian (Diskominfo Sandi) Kota Ambon, Ronald Lekransy, ST, M.Si, disela kegiatan Konsolidasi Pemanfaatan SIMAK kepada pemangku kepentingan RT, RW, tokoh masyarakat dan pegawai kelurahan, Rabu 27/03/2024.

“SIMAK adalah bagian dari konsep membangun Kota Ambon menuju kota yang smart. Dan Pemkot Ambon  telah melakukan langkah maju dengan menyiapkan aplikasi dalam memudahkan pengurusan administrasi dari level RT sampai dengan Kelurahan secara terintegrasi sehingga mempersingkat prosesnya dan cepat menerima hasilnya,” ungkap Lekransy.

Menurutnya, hal itu sejalan dengan PP nomor 95 Tahun 2028 Tentang SPBE.

“Yang merupakan bentuk dari tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, transparan, akuntabel, berkualitas dan terpercaya,” timpalnya.

Kandidat doktor itu menjelaskan, mekanisme penggunaan aplikasi sangat mudah.

“Warga yang ingin mendapat pelayanan administrasi, mendatangi RT dan mendapat keterangan dalam bentuk Token, dilanjutkan ke operator di kantor Lurah/Desa untuk diinput ke Kios-K. Sesaat kemudian, terbitan surat dapat diperoleh baik melalui Pdf yang dapat dicetak dimana saja. Sangat mudah dan terorganisir  secara online. Sementara Pemkot Ambon akan memiliki data elektronik kependudukan secara real time karena RT dan kelurahan akan melakukan up date terhadap data warganya,” jelasnya.

Proses Konsolidasi ini telah dilakukan pada seluruh ketua RT, pada empat kelurahan yakni Kelurahan Karang Panjang, Kudamati, Honipopu, serta Uritetu. Kegiatan ini akan terus dilakukan oleh Bidang E-Government Dinas Kominfo pada seluruh kelurahan di 5 (lima) kecamatan Pemerintah Kota Ambon.(MT-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *