Masuk TOP 51, Kota Ambon Terima Piagam Penghargaan KemenPAN-RB

by -88 Views

Jakarta,MollucasTimes.com-Berdasarkan hasil evaluasi lanjutan berupa wawancara melalui ruang virtual zoom meeting yang telah dilaksanakan 23-30 Mei 2022 oleh Tim Evaluasi secara independen, Kota Ambon dinyatakan masuk dalam TOP 51 terbaik dan mendapatkan Piagam Penghargaan KemenPAN-RB.

Menurut Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa, salah satu tujuan diselenggarakannya penganugerahan adalah strategi untuk memberikan contoh praktik baik kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, terutama dalam hal pertukaran pengalaman dan pembelajaran pengelolaan pengaduan pelayanan publik. 

Dikatakan, awal tahun kompetisi telah dimulai dan berhasil menjaring 573 pendaftar dari seluruh kementerian, lembaga, BUMN, BUMD, dan pemerintah kabupaten/kota di Indonesia. Kemudian disaring kembali menjadi 434 pengelola, dan terakhir disaring kembali menjadi 51 peserta. 

Kompetisi dimaksud, lanjutnya, merupakan tindak lanjut dari Keputusan MenPAN-RB Nomor 1473 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik. 

“Ini merupakan sinergitas antara KemenPAN-RB, Kemendagri, KemenKominfo, Kantor Staf Presiden dan Ombudsman RI serta didukung oleh Korea International Cooperation Agency (KOICA) dan United Nations Development Programme (UNDP) sebagai bentuk penghargaan bagi pengelola Pengaduan Pelayanan Publik terbaik di Indonesia,” akunya, Kamis 16/06/2022. 

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon, Drs.Joy R. Adriaansz, M.Si mengatakan, penghargaan yang diterima merupakan hasil kerjasama dan kerja bersama seluruh instansi Pemerintah Kota Ambon dan dibantu stakeholder dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik. 

“Terima kasih dan apresiasi tinggi kepada Penjabat Wali Kota, Sekretaris Kota serta semua pihak yang telah membantu lewat peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. Penghargaan ini tentunya bukan suatu tujuan, sehingga kita sebagai pelayan masyarakat harus terus berusaha semaksimal mungkin untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kami kepada masyarakat. Karena kepuasan masyarakat adalah tujuan yang sebenarnya,” tutupnya. 

Piagam Penghargaan sebagai 30 peserta terbaik kategori Instansi Pemerintah (IP) Umum Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4 diterima Adriaansz, dalam acara penganugerahan penghargaan yang berlangsung di Hotel Ritz Carlton. (MT-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *