Ambon, Mollucastimes.Com- Guna peningkatan kualitas pelayanan publik, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bekerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) menggelar Sosialisasi Inovasi Pelayanan Publik bagi SKPD lingkup Pemkot Ambon. Senin (14/11/2016)
Kegiatan yang berlangsung di Hotel Pasific selama tiga hari yang dimulai dari tanggal 14-16 November 2016 bertujuan untuk menumbuhkan semangat Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemerintah Kota Ambon agar dapat melakukan terobosan-terobosan terbaru dalam berinovasi guna meningkatkan kualitas pelayanan publik serta mempercepat perbaikan pelayanan publik kepada masyarakat melalui gerakan one agensi ano inovation (satu SKPD satu Inovasi).
Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Ansyerin Hornoruw, S.STp dalam laporan mengatakan, telah lebih dari satu kali bagian organisasi dan manajemen mengirimkan surat kepada SKPD lingkup Pemkot Ambon untuk menciptakan Inovasi supaya dapat diikutsertakan dalam audisi inovasi pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Kementerian Penadyagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi. Namun sampai tahun 2016 hanya dua SKPD yang menyampaikan Inovasi. Sehingga hal tersebut yang melatarbelakangi munculnya kegiatan itu, dan diharapkan setiap SKPD dapat memahami bagaiman cara untuk menciptakan inovasi dari permasalahan yang ada dimasing-masing SKPD.
Ketua Lembaga Administrasi Negara (LAN) Ervi Muthmainah, SS, MA dalam sambutannya mengapresiasi Pemerintah Kota Ambon atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Disampaikannya, kerjasama yang dibangun Pemkot Ambon dan LAN perlu ditingkatkan dalam rangka menjawab tantangan yang datang dari dalam maupun luar.
“Tantangan yang datang dari dalam maupun dari luar kita harus perhatikan bersama.” kata Muthmainah
Dijelaskannya, tantangan dari luar seperti perdagangan bebas dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), semuanya menuntut kita untuk meningkatkan daya saing bangsa dan menjawab semua tantangan yang nantinya akan dihadapi.
“hanya inovasi yang bisa kita lakukan, tanpa inovasi kita tidak akan bisa maju, kita akan tertinggal dari bangsa-bangsa lain dan kita akan jadi penonton dalam segala hiruk-piuk kegaduhan global saat ini, inovasi akan menjadi kunci untuk menjawab tantangan tersebut.” ujarnya
Sementara Penjabat Walikota Ambon Ir. Frans Papilaya, M.Si dalam sambutanya yang dibacakan oleh Asisten III Sekretaris Kota Ambon Romeo Soplanit menyampaikan, pelayanan publik merupakan tugas utama pemerintah sekaligus menjadi alasan utama dibentuknya pemerintahan. Pelayanan publik juga merupakan salah satu tolak ukur kinerja pemerintah yang paling kasat mata karena masyarakata dapat melihat langsung kinerja pemerintah.
“Pelayanan publik harus segera ditingkatkan, sehingga efisiensi dan efektifitas pelayanan akan meningkat seiring dengan peningkatan mutu pelayanan, semakin tinggi mutu pelayanan bagi masyarakat maka semakin tinggi pula peran serta masyarakat dalam kegiatan pelayanan dipemerintahan.” ujar Papilaya
Dijelaskan, salah satu peran yang paling mudah untuk melihat dan meningkatkan reformasi birokrasi adalah dengan adanya peningkatan kualitas pelayanan publik dan peraturan LKKN dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik diperlukan satu evaluasi yang harus dilandasi oleh keberanian berinisiatif untuk menampilkan kreatifitas serta inovasi yang menjadi faktor dapat berubah, berkembang dan berhasil.
“Hal tersebut bisa muncul karena ada dorongan dari dalam internal untuk melakukan perubahan atau bisa juga inovasi muncul karena adanya kebutuhan tinggkat eksternal” tandasnya
inovasi memunculkan rekomendasi pemikiran oranng-orang kreatif dan lahirnya kreatifitas ditandai dengan munculnya ide atau gagasan baru untuk keluar dari aktivitas yang membosankan. gagasan kreativitas yang lahir dari hasil internal individu akan mendorong munculnya berbagai prakarsa sehingga dapat memperkaya program kegiatan SKPD seiring dengan berkembangnya tuntutan kebutuhan masyarakat.
Papilaya menyampaikan, menyadari sungguh pelayanan publik di Kota Ambon sampai saat ini belum memenuhi harapan dan tuntutan masyarakat yang semakain meningkat akan pelayanan berkualitas. untuk itu Pemerintah Kota Ambon terus mengupayakan peningkatan kualitas pelayanan publik baik dari sisi sumberdaya manusia maupun sistem pelayanan publik yang inovatif, efisien dan tepat.
sehubungan dengan hal tersebut, pemerintah Kota Ambon akan bekerja sama dan terus bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) untuk laboratorium inovasi pelayanan publik dalam rangka menciptakan sebanyak mungkin inovasi pelayanan publik dengan tujuan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat melalui inovasi pelayanan publik yang dihasilkan.
kegiatan sosialisasi inovasi pelayanan publik merupakan langkah awal untuk mendorong dan memajukan semangat para pegawai dalam menumbuhkan kreatifitas agar dapat menciptakan inovasi diunit kerja masing-masing.
Papilaya berharap peserta dapat mengikuti sosialisasi tersebut secara baik sehingga dapat menciptakan inovasi-inovasi baru dilingkup SKPD masing-masing.
“Besar harapan kami sosialisasi ini akan mampu menciptakan hasil inovasi dari masing-masing SKPD.” harapnya (MT-08)